Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara memanfaatkan internet agar bisa memberikan keuntungan atau lebih jelasnya bisa menghasilkan uang bagi para sobat PakTor (Pakar Tutorial). Pada zaman sekarang untuk mendapatkan koneksi internet sangat mudah dan murah. Jadi sangat disayangkan bila para sobat PakTor menggunakan internet hanya untuk bermain-main demi kesenangan semata. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan uang dari internet.

Cara Menghasilkan Uang dari Google via Youtube


Siapa yang tidak kenal dengan website Medsos Youtube milik raja internet Google, semua orang pasti tahu dan tidak sedikit orang yang telah mengupload video kepadanya. Sayangnya kebanyakan dari kita hanya jadi penikmat saja. Nah agar Youtube dapat menghasilkan uang untuk para sobat PakTor, kita harus rajin mengupload video ke Youtube. Bagi sobat yang kesulitan cara mengupload video ke Youtube, silakan Baca Cara Mudah Upload Video ke YouTube.
Video yang akan diupload harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • Original, maksudnya bukan hasil bajakan karya orang lain atau video hasil copy-paste dari internet. Jika video yang mau diupload milik orang lain dan atau isinya juga tentang orang lain, minta izin terlebih dahulu kepad si empunya, lebih baik lagi jika izin tertulis.
  • Selain itu video yang akan diupload harus lain dari pada yang lain, misalnya sangat lucu, unik, langka, heboh, tragedi, dll. Karena kalau video yang biasa-biasa aja akan sulit mendapatkan rating penonton.
  • Video yang akan diupload harus yang banyak dicari orang, disukai banyak orang.
  • Content atau isi video tidak boleh berbau SARA, pornografi, perjudian, penghasutan, penghinaan, dll.
  • Jika video kita berisikan musik atau ada musik pengiringnya usahakan agar musik pengiring yang kita gunakan saat membuat video adalah musik yang bebas lisensi agar kita tidak melanggar kebijakan Copyright. Contoh musik bebas lisensi banyak di Youtub dan silakan download di https://www.youtube.com/audiolibrary/music
  • Usahakan video tidak berdurasi terlalu panjang 
  • Lebih baik lagi jika sebelum diupload video diedit terlebih dahulu.
  • Ikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Youtube dan Google.
Langkah selanjutnya agar video yang kita upload mendatangkan uang, sobat harus mengupload video tersebut hanya ke Channel milik kita sendiri, karena jika kita mengupload video bukan ke channel kita, suatu saat jika di video tersebut sudah ada iklannya, maka penghasilan dari iklan tersebut akan masuk ke pemilik channel bukan ke pemilik video.
Langkah berikutnya adalah melakukan monetisasi pada setiap video yang telah diupload. Jika lupa lagi cara monetisasi video di Youtube, silakan baca mengenai Cara Monetisasi Video di Youtube agar Menghasilkan Uang Dollar.
Jika semua video sudah dimonetisasi kita tinggal menunggu verifikasi dari Youtube, apakah video kita layak ditempati iklan atau tidak. 
Video yang tidak akan lolos verifikasi biasanya video yang melanggar aturan kebijakan dari Youtube, melanggar Hak Cipta, Melanggar Copyright, dan sebagainya.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan sangat serius oleh para sobat PakTor ketika video kita telah disispi iklan oleh Google Adsense (sudah ada iklannya):

  • Jangan sekali-kali meng-klik  iklan yang muncul di video kita oleh kita sendiri. Karena hal ini akan ketahuan oleh Tim Google Adsense Youtube dan akhirnya iklan tersebut akan di hetikan atau dihilangkan dari video kita. Videonya tetap ada tapi tanpa iklan lagi, yang artinya kita kehilangan kesempatan mendapatkan Dollar. Ingat Google adalah merupakan kumpulan orang-orang terhebat dalam dunia internet, jadi apapun dan bagaimanapun caranya kecurangan dan kelicikan kita akan ketahuan oleh mereka.
  • Jangan pernah mengarahkan atau menyuruh apalagi memaksa sekelompok orang untuk meng-klik iklan yang ada di video kita. Karena hal ini akan menyebabkan rating atau frekuensi peng-klik iklan menjadi tidak normal. Jika hal ini terjadi bukan saja iklan dihentikan tapi malah Dollar yang telah kita peroleh akan dibekukan oleh Tim Google, malah pada kasus yang lebih ekstrim Channel Youtube kita dihapus.
  • Lakukan SEO secara normal agar rating pengunjung ke Channel Youtube kita terus meningkat, paling tidak tetap eksis, karena kalau rating kita sudah turun anjlok iklan akan dihentikan oleh Tim Google. Baca kembali artikel Tentang Cara SEO Vodeo di Youtube agar Banyak Ditonton Orang.

Cara Mendapatkan Uang dari Google via Blogger

Bila anda senang dan hobi menulis buatlah sebuah atau beberapa blog, selain untuk menyalurkan hobi anda sekaligus untuk mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Ada dua penyedia blog gratis yang sangat populer dewasa ini yaitu Blogger dan Wordpress, silakan anda pilih yang mana yang lebih baik dan lebih mudah menurut anda. saya sendiri lebih familiar dengan Blogger ketimbang Wordpress walaupun keduanya memiliki kelebihan di samping kekurangannya masing-masing.

Agar blog anda bisa menghasilkan uang banyak dari internet ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, di antaranya:
  • Artikel yang anda posting harus berkualitas, baik dilihat tata bahasanya maupun dari isi tujuan artikel itu sendiri. Selain itu artikel yang berkualitas tentunya bukan hasil copy-paste apalagi kalau copy-paste-nya dari internet, karena hal tersebut akan ketahuan sama mesin pencari Google.
  • Panjang tulisan sebaiknya tidak kurang dari 1500 kata, karena pada dasarnya mesin pencari seperti Google lebih menyukai tulisan yang gemuk dan padat.
  • Agar artikel anda mudah terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya, artikel anda harus banyak mengandung keyword, meta tag dan meta title yang relevan dengan judul postingan anda. Silakan baca artikel tentang Cara Membuat Artikel agar Mudah Terindeks oleh Google.
  • Posinglah artikel anda secara teratur, paling tidak satu atau dua artikel setiap minggu. Semakin banyak anda memposting artikel semakin baik buat blog anda.
Jika anda merasa blog anda sudah cukup baik 


Demikian cara-cara mendapatkan uang tanpa modal dari Internet. Semoga bermanfaat jika ada pertanyaan silakan masukan dalam komentar atau langsung kirim ke email: pakartutorial@gmail.com.